Manfaat Mandi Air Hangat

By Unknown - 06.07


Mandi air hangat tidak hanya bisa mengatasi dinginnya mandi di pagi hari. Mandi atau berendam air hangat dipercaya juga bisa membantu Anda meredakan nyeri, gatal, dan sakit di sekitar panggul atau organ intim.

Ketika merasakan bagian perut atau panggul sakit, sebagian orang akan mengompres bagian yang sakit dengan kompres air hangat. Selain dengan kompres air hangat, cobalah untuk mandi atau berendam air hangat karena ternyata mandi air hangat tidak kalah pentingnya dalam memberikan manfaat.


Manfaat mandi air hangat dapat memperlancar peredaran darah Anda. Tidak hanya memberikan kehangatan, mandi air hangat juga bisa meredakan rasa gatal atau sakit di sekitar organ intim. Serta dapat menjadi salah satu cara membersihkan daerah perineum (daerah antara vulva (bibir kelamin luar) atau skrotum (kantung pelir) dan lubang anus).
Berikut ini adalah kepercayaan banyak orang akan manfaat mandi air hangat lainnya yang perlu Anda ketahui,

1. Sembelit. Kondisi di mana pergerakan usus tidak teratur, sehingga sulit untuk buang air besar dalam jangka waktu yang cukup lama. Sembelit bisa menimbulkan rasa tegang di sekitar perut. Mandi air hangat dipercaya dapat menjadi salah satu cara mengatasinya.

2. Wasir. Wasir dapat terjadi di dalam rektum (area di dalam lubang anus) atau keluar dari lubang anus. Kondisi ini disebabkan oleh adanya pembuluh darah yang membengkak dan meradang di rektum bawah dan anus. Seseorang yang terkena wasir biasanya akan merasakan ketidaknyamanan, gatal, atau pendarahan. Mandi air hangat setidaknya dapat menjadi salah satu cara meredakan ketidaknyamanan dan gatal.

3. Prostatitis. Kelenjar prostat menghasilkan cairan yang mengangkut dan memelihara sperma. Peradangan dan pembengkakan kelenjar prostat inilah yang disebut dengan prostatitis. Kondisi ini dapat menyebakan seseorang sulit buang air kecil dan menimbulkan rasa nyeri. Manfaat mandi air hangat bagi penderita prostatitis dipercaya dapat meredakan nyeri tersebut.

4. Proses persalinan sebagian memerlukan episiotom, yaitu penyayatan di bagian perineum untuk membuat jalan keluar bayi. Agar tidak infeksi, maka luka sayatan di perineum haruslah dijaga kebersihan dan kekeringannya. Perawatan luka episiotomi dimulai segera setelah melahirkan. Manfaat mandi air hangat untuk luka episiotomi di sekitar perineum diharapkan dapat membantu dalam membersihkan luka dan meredakan rasa gatal atau nyeri di sekitar perineum.

5. Infeksi jamur vagina merupakan jenis dari vaginitis atau peradangan vagina. Infeksi jamur ini dapat menyebabkan keputihan, gatal, dan iritasi pada vagina serta vulva. Dengan merendam sebagian tubuh Anda di dalam air hangat atau mandi air hangat dapat meredakan rasa gatal yang mengganggu pada bagian vagina.

Bila Anda mandi air hangat dengan menggunakan bathtub, jangan lupa untuk membersihkan terlebih dahulu. Baru setelah itu, isi air sekitar sepuluh sentimeter. Lalu, rendam sebagian tubuh Anda di dalamnya. Jangan gunakan air panas, cukup gunakan air hangat yang cukup nyaman bagi Anda untuk berendam. Setelah itu, disarankan untuk mengeringkan tubuh Anda dengan baik memakai handuk yang terbuat dari katun lembut.

Mandi air hangat memiliki ragam manfaat tapi untuk mengatasi kondisi tertentu yang Anda alami, tentu memerlukan pengobatan atau perawatan lainnya. Jika Anda mengalami kondisi tertentu, misalnya sakit pada luka sayatan di perineum, sebaiknya sebelum melakukan mandi air hangat, konsultasikan terlebih dahulu pada dokter Anda. Jika mandi air hangat dapat menghilangkan rasa nyeri, iritasi, atau gatal dari kondisi yang Anda alami, biasanya dokter akan menyarankan untuk mandi air hangat sebanyak sekitar tiga kali dalam sehari.



Sumber : Alodokter.com

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar